Sejarah

SEJARAH PROGRAM PASCASARJANA
IAIN BATUSANGKAR

STAIN Batusangkar sebagai salah satu PTAI yang ada di Indonesia, yang terus berusaha maju menyeruak dari berbagai persoalan dan bangkit untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan berbagai perguruan tinggi lainya di Indonesia. Berawal dari  alih stasus Fakultas Tarbiyah IAIN “Imam Bonjol” Padang menjadi STAIN Batusangkar berdasarkan Keppres no.11 th. 1997 dan Keputusan Menteri Agama RI no. 285 th. 1997, telah menantang STAIN Batusangkar untuk mencoba menerobos, menangkap dan memahami semangat serta nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam arti dan makna program pemekaran tersebut.
Motivasi membuka program pascasarjana ini berawal dari respon yang begitu besar dari masyarakat ketika STAIN Batusangkar melaksanakan program kerjasama pascasarjana dengan IAIN Imam Bonjol  Padang tahun akademik 2005. Pada saat dilaksanakan PPs IAIN “Imam Bonjol” di Batusangkar program ini berjalan lancar sampai pada tahun akademik 2007/2008. Pada tahun pertama dilaksanakan perkuliahan untuk Konsentrasi Pendidikan Islam dengan jumlah mahasiswa sebanyak 11 orang. Pada tahun kedua dilaksanakan untuk Konsentrasi Pendidikan Islam dengan jumlah mahasiswa sebanyak 19 orang dan Konsentrasi Hukum Islam dengan jumlah mahasiswa sebanyak 16 orang. Pada tahun ketiga kembali menerima mahasiswa untuk Konsentrasi Pendidikan Islam dengan jumlah mahasiswa sebanyak 10 orang. Pada tahun keempat (Tahun Akademik 2008/2009) animo mahasiswa sebenarnya masih cukup tinggi. Tetapi pelaksanaan program kerja sama tersebut tidak dapat dilanjutkan karena adanya SE Direktur Diktis tentang pelarangan lokal jauh. Sejak saat itu mahasiswa yang ada di STAIN Batusangkar harus melaksanakan perkuliahan di Padang. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka pada tanggal 1 mei 2008 ketua STAIN Batusangkar mengeluarkan surat keputusan no.Sti. 02/I/PP. 00.9/1185.a/2008 tentang Pembentukan Panitia Pembukaan Program Pascasarjana Konsentrasi Bimbingan Konseling dan Manajemen Pendidikan Islam. Setelah proposal diajukan ke Jakarta maka Alhamdulillah dari dua  konsentrasi yang diusulkan tersebut yang diberi izin adalah Manajemen Pendidikan Islam, yang tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. Dj. I/ 806.A/2010 tentang izin penyelenggaraan program studi strata dua Manajemen Pendidikan Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar tanggal 22 Nopember 2010.
Setelah melalui proses yang cukup panjang, maka pada akhir tahun 2015 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar  resmi menjadi Institut Agama Islam Negeri Batusangkar melalui Perpres No. 147 tahun 2015, tanggal 23 Desember 2015.
Sekarang dengan bangga kami menawarkan 6 Program Studi pada Program Pascasarjana IAIN Batusangkar, yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Ekonomi Syariah (ES), dan Hukum Keluarga Islam (AS).